Kamis, 22 Mei 2014

MEMBANGUN KEKEBALAN TUBUH MERPATI

Musim hujan biasanya dibarengi dengan munculnya penyakit pada merpati. Goham dan sakit pada saluran pernafasan adalah penyakit yang paling umum dijumpai. Menjaga kebersihan kandang adalah hal yang paling mutlak dilakukan untuk mencegah virus berkembang biak.

Selain kebersihan kandang, Kekebalan burung akan penyakit juga menjadi faktor yang menentukan.Ada banyak cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh merpati dari berbagai penyakit, diantaranya penggunaan vaksin maupun multivitamin.

Selain itu Para Hobbyist juga bisa menggunakan cara yang lebih murah, yaitu dengan memanfaatkan sayur-sayuran.Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga burung tetap sehat.

Pastikan mereka memiliki rasio yang sehat dari dua kali lemak Omega 3. Hal ini akan membantu kekebalan sistem tubuh tetap kuat dan dapat dicapai melalui keseimbangan yang baik.Karena sayur-sayuran tidak memiliki keseimbangan yang tepat seperti minyak omega.

Untuk memberi asupan vitamin A yang baik pada burung dapat diperoleh melalui menambahkan bayam dan wortel untuk campuran pakan, atau bahkan hanya memberi burung anda jus wortel untuk diminum.

Selain Wortel anda juga bisa memanfaatkan bawang putih untuk membangun kekebalan tubuh merpati. Kombinasikan dengan mineral yang mengandung germanium dan selenium juga membantu meningkatkan jumlah sel darah putih, bawang putih adalah kombinasi yang sangat baik karena banyak mengandung allicin.

Sebaiknya tidak mencoba untuk membatasi kalori untuk burung, bahkan jika burung akan mengikuti perlombaan, ini akan menurunkan sistem kekebalan tubuh dan menjadikan burung stress, sehingga akan rentan terserang penyakit.Dan jangan lupa juga untuk selalu menambahkan grit atau batu-batuan , suplemen dan mineral yang dibutuhkan merpati.



By Ahmad Rivai 




...Gie Bird Farm Bogor... ...Salam Kolongers...