Kamis, 29 Mei 2014

MUNTAH DAN BERAK HIJAU


Disaat musim hujan dan jarang panas, biasanya sering sekali burung mengalami penyakit muntah / tombolok nggak turun dan berak hijau campur kapur. 
Solusinya :
  • Jika sudah muntah jauh lebih gampang dibandingkan dengan tombolok yang nggak turun karena jika tombolok tidak turun maka akan terjadi pembusukan sisa makanan. 
  • Kuras sisa makanan di tombolok dengan cara dispet air lalu burung dibalik posisi kebawah dan mulut dibuka lalu tekan tomboloknya. 
  • Jika tombolok sudah kosong maka pengobatan yg biasa saya lakukan adalah pemberian 1/2 tablet koleridin dan 1/2 tablet vitaflex tiap pagi sore, posisi burung dipuasain selama 1 hari.                                                                                  *) Koleridin dan Vitaflex dapat dibeli di toko pakan ayam. 
  • Jika sudah besok siangnya coba mulai dispet bubur sun yg encer 10 ml dan malam juga 10 ml selama 2 hari. pada hari ke 3 coba berikan 10 butir jagung. dilihat dulu apakah masih muntah atau tombolok tidak turun, jika sudah tidak maka lanjutkan pemberian makan jagung pada hari ke 4. 
  • Penjemuran tetap harus dilakukan malah kalo ada panas matahari diusahakan sampai jam 10 siang. 


Semoga bisa sedikit membantu




...Gie Bird Farm Bogor... ...Salam Kolongers...