Kamis, 22 Mei 2014

SIRKULASI MASA GIRING DAN BERTELUR MERPATI

Suatu sirkulasi / perputaran masa giring yg harus di perhatikan oleh para pemain merpati , khusus nya yg biasa ikut lomba.

1. Penjodohan kembali setelah masa bertelur ( cabut telur )

2. Biasanya merpati akan kembali mulai kawin setelah 2-3 hari seusai cabut telur

3. Kemudian akan mulai mangkat ( agak giring ) -+ 4-5 hari setelah cabut telur ( yg normal / umum ) dengan
    catatan : 
  • ada beberapa yg sudah mulai kawin tak lama setelah telur di angkat , dan
  • ada beberapa yg sangat lama mulai naik giring nya ( mangkat ) sekitar 5-6 hari ,
hal ini biasanya disebabkan oleh kurang sering nya merpati tsb kawin / bs disebabkan oleh bermacam faktor.

4. Naik giring ( mangkat ), biasanya / umumnya sekitar 5-6 hari setelah cabut telur.setelah merpati mulai naik giring ( mangkat ) secara bertahap tingkat/kadar giring nya mulai naik setiap hari seiring dengan rutinitas kawin nya yg semakin sering , hingga akan menjadi giring keras/neter/ngeket setelah hari ke 5-7 setelah cabut telur.
catatan : 
  • ada bbrp yg bs lebih cepat giring keras nya dan 
  • ada beberapa yg sangat lama mencapai giring kerasnya ( bs sampai 7-8 hari ) otomatis yg terlambat giring keras nya akan berdampak pada terlambat nya masa bertelur .

5. Masa bertelur ( umumnya sekitar 9-10 hari setelah cabut telur sebelumnya ) masa bertelur ini suatu masa dimana seharusnya merpati mengikuti rutinitas alamiahnya , yaitu mengeram.dalam masa mengeram ini merpati akan beristirahat dalam jangka waktu yg cukup ( standard nya 7-9 hari ) utk memulihkan kondisi fisik dan staminanya.makanya perlu di ingat bahwa masa mengeram ini sangat lah penting utk menjaga kondisi fisik , stamina dan psikologi merpati .setelah merpati mengeram selama -+ 7-9 hari , telur nya sudah bs di cabut / di angkat agar merpati dapat kembali di giringkan

catatan : sebaiknya mengangkat telur / mencabut telur merpati di lakukan pada malam hari saat merpati tidak ber aktifitas dan pindah kan dulu merpatinya apabila ingin mengambil telur . ini menjaga psikologi merpati agar tidak terganggu jadi jangan lah khawatir apabila merpati sering bertelur karena itu suatu rutinitas alami yg harus di jalani oleh si merpati tsb .khawatirlah apabila merpati tsb tidak menjalani rutinitas alami nya apalagi merpati tsb adalah player yg harus di mainkan di lomba.
apabila ada yg kurang silahkan di tambahkan
...terima kasih ...salam merpati


...Gie Bird Farm Bogor... ...Salam Kolongers...